TOP NEWS

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Maecenas mattis nisi felis, vel ullamcorper dolor. Integer iaculis nisi id nisl porta vestibulum.

Selasa, 25 Desember 2012

Perbandingan Negara Maju dan Negara Berkembang

1. Negara Maju
Negara maju adalah sebutan untuk negara yang menikmati standar hidup yang relatif tinggi melalui teknologi tinggi dan ekonomi yang merata. Kebanyakan negara dengan GDP per kapita tinggi dianggap negara berkembang. Namun beberapa negara telah mencapai GDP tinggi melalui eksploitasi sumber daya alam tanpa mengembangkan industri yang beragam dan ekonomi berdasarkan jasa tidak dianggap memiliki status "maju".

2. Negara Berkembang
Negara berkembang adalah istilah yang digunakan untuk menjelaskan dan mengkategorikan negara-negara di dunia yang memiliki standar hidup relatif rendah, sektor industri yang kurang berkembang, sektor Indeks Pembangunan Manusia atau Human Development Index (HDI) berada pada tingkat menengah kebawah, serta rendahnya pendapatan perkapita.
Negara berkembang merupakan negara yang belum mencapai tingkat negara maju, tetapi bukan negara gagal. Dengan kata lain, negara berkembang berada antara negara maju dengan negara gagal.

Ciri-ciri utama negara berkembang meliputi :
1. Sebagian besar >70% penduduknya bekerja di sektor pertanian
2. Tenaga pertanian masih mengandalkan tenaga manusia
3. Pendapatan perkapita masih rendah
4. Angka kelahiran dan kematian masih tinggi
5. Pendidikan formal terbesar secara tidak merata dengan kualitas yang buruk
6. Kedudukan dan peran wanita sangat terbatas dan cendrung dipandang sebagai kelas dua



0 komentar: