TOP NEWS

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Maecenas mattis nisi felis, vel ullamcorper dolor. Integer iaculis nisi id nisl porta vestibulum.

Senin, 24 Desember 2012

Perbandingan 2 Negara Maju dan Berkembang (Jepang dan Brazil)

1. JEPANG
    Jepang merupakan negara kepulauan yang terletak dikawasan Asia Timur, tepatnya disebelah Timur daratan Semenanjung Korea. Luas negara ini sekitar 377.837 km persegi dengan jumlah penduduk mencapai 127.333.000 jiwa. Rata-rata kepadatan penduduk Jepang sekitar 323jiwa/km persegi. Sebagai negara kepulauan, Jepang memiliki beberapa pulau besar sebagai pulau utama, yaitu Hoshu (pulau terluas sekaligus letak ibu kota Jepang, Tokyo), Hokaido, Kyushu, dan Shikoku. Selain itu, terdapat lebih dari 3.000 pulau kecil yang mengelilinginya. Dibidang perekonomian, Jepang banyak memegang peran penting, pendapatan perkapitanya yang tinggi (mencapai 31.410 US dollar) serta kestabilan mata uangnya menghantarkan Jepang sebagai salah satu negara maju dikawasan Asia. Jepang mendapat julukan "Macan Asia" karena kemampuan negara tersebut dalam memperkukuh pengaruh perekonomian di kawasan Asia.
    Kemajuan Jepang di bidang pertanian, daratan Jepang anyak terdapat gunung dan pegunungan, sehingga topografinya relatif kasar. Kondisi ini menyebabkan Jepang memiliki luas wilayah pertanian yang tidak begitu luas, yaitu hanya kurang lebih 16% dari seluruh wilayah daratannya. Akan tetapi, meskipun luas wilayah pertaniannya relatif sempit, Jepang ternyata mampu menghasilkan produk pertanian yang berkualitas. Hal ini dipengaruhi oleh kesuburan tanah dan kemampuan sumber daya manusia dalam mengolah danberinovasi di bidang pertanian, terutama dalam pemanfaatan teknologi dalam menciptakan varietas-varietas baru unggulan, pupuk, alat-alat pertanian dan obat obatan. Hasil-hasil pertanian Jepang antara lain padi, kentang, jagung, sayur-sayuran, teh, jeruk dan apel.
Ikan merupakan bahan makanan kegemaran mayoritas penduduk Jepang. Oleh karena itulah pemenuhan akan konsumsi ikan (terutama ikan laut) di Jepang sangat tinggi. Hal ini didukung oleh adanya pertemuan arus hangat dan arus dingin (Kurosyiwo dan Oyasyiwo) diperairan Jepang yang kaya akan ikan.
     Kemajuan Jepang di bidang industri, Jepang merupakan negara industri yang menduduki peringkat kedua setelah Amerika Serikat sebagai negara besar di dunia. Produksi industri Jepang telah tersebar ke berbagai pelosok dunia. Produk-produk tersebut meliputi produk permainan, barang elektronik, mobil/motor, obat-obatan/ bahan kimia, tekstil, bahan makanan olahan, semen dll.
     Kota utama di Jepang meliputi :
1. Tokyo, merupakan ibukota Jepang sekaligus sebagai pusat pemerintahan, perdagangan dan pendidikan bertaraf internasional.
2. Osaka, merupakan kota terbesar kedua Jepang sekaligus sebagai pusat industri tekstil
3. Nagoya, merupakan pusat industri pesawat terbang, otomotif, lokomotif, dan industri besar lainnya. Kota ini dianggap sebagai ibu kota Jepang di wilayah tengah.
4. Kyoto, merupakan ibu kota Jepang hingga tahun 1868, kota ini sekarang berkembang sebagai pusat pendidikan dan kebudayaan
5. Ginza, merupakan pusat hiburan, bisnis bertaraf internasional.

2. BRAZIL
     Brazil merupakan negara terbesar di wilayah Amerika Selatan. Luas negara ini mencapai 8.547.404 kilometer persegi, debgan jumlah penduduk sekitar 184.101.110 jiwa. Rata-rata kepadatan penduduk di Brazil hanya sekitar 22jiwa/kilometer persegi. Mayoritas penduduknya masih tinggal di daerah pedesaan dengan tingkat penghasilan yang belum begitu tinggi. Dibidang perekonomian, Brazil menunjukkan peningkatan pendapatan perkapita negaranya dari tahun ke tahun hingga mencapai 2.590 US dolar. Pendapatan tersebut didukung oleh kegiatan perekonomian Brazil dari berbagai sektor.
     Kemajuan Brazil dibidang pertanian dan kehutanan, sektor pertanian merupakan tulang punggung perekonomian negara Brazil dan menyumbangkan sekitar 45% dari komoditas ekspornya. Brazil merupakan pengekspor kopi utama dunia, hasil-hasil pertanian lainnya berupa teh, rempah-rempah, kapas, coklat, tembakau, kayu, jagung dan tebu.
     Kemajuan Brazil di bidang perikanan, perikanan adalah 3% dari kebutuhan protein masyarakat. Dua pertiga hasil perikanan dipenuhi dari hasil perikanan laut sedangkan sisanya dipenuhi dari hasil perikanan darat.
     Kemajuan Brazil dibidang pertambangan dan perindustrian, pertambangan menyumbang 8,6% devisa bagi negara. Tambang utama di Brazil adalah biji besi, sedangkan tambang lainnya adalah emas, minyak tanah, timah, nikel, aluminium, kapur, intan dan berbagai macam batu mulia. Sedangkan di bidang industri yang berkembang di Brazil antara lain adalah baja, tekstil, semen, pengolahan makanan, perakitan pesawat dll.
     Kemajuan Brazil dibidang perdagangan
1. Ekspor : mobil dan suku cadang, besi dan baja, kopi, teh, coklat, produk makanan, dan ternak olahan
2. Impor : minyak dan produk olahannya, mesin mobil, kelistrikan dan bahan kimia organik.
     Kota utama di Brazil meliputi :
1. Brazilia, merupakan ibukota dan pusat pemerintahan, pendidikan dan kebudayaan
2. Sao Paulo, merupakan kota pusat industri, hampir 40% industri Brazil terdapat di kota ini.
3. Rio de Jeneiro, merupakan kota pelabuhan laut utama yang sangat ramai. di kota ini juga terdapat industri bahan kimia dan gelas
4. Porto Alegre, merupakan pusat industri pengolahan makanan.

0 komentar: